Karakter Boss VS Leader (Pemimpin)

BOSS dan Leader (Pemimpin) mempunyai karakter yang berbeda. Khususnya saat berhadapan dengan bawahannya. Ada perbedaan yang mendasar dan ini bisa teman teman lihat dengan ilustrasi beberapa gambar dipembahasan ini. Gambar ini diambil dari facebook YuukBisnis. Berikut ini beberapa perbedaan karakter antara boss dan leader (pemimpin).

Pertama, Bos lebih mempunyai karakter yang memerintah bawahan untuk mencapai sebuah tujuan. Sedangakan leader akan bersama sama dalam menggapai sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bersama.
karakter pemimpin
GO or LET'S GO

Kedua, kebanyakan karakter seorang Boss adalah mengintimidasi bawahannya.Sehingga bawahan merasa tertekan. Sedangakan seorang leader akan memberikan kepercayaan tanggung jawab dan tidak akan menyalahkan siapapun jika terjadi kesalahan. karena ORANG HEBAT TIDAK AKAN PERNAH MENYALAHKAN ORANG LAIN.
intimidasi boss
Intimidasi VS Kepercayaan

Ketiga, seorang Boss memiliki karakter ego yang tinggi. Jika mendapatkan sebuah prestasi hanya akan berkata "AKU dan AKU". Sedangkan seorang Leader akan selalu berkata "KAMI", karena seorang leader mempunyai pandangan bahwa prestasi tersebut bisa dicapai dengan kerjasama tim, bukannya karena kemampuannya sendiri.

karakter seorang boss dan pemimpin
Kita atau Saya
Keempat, Boss akan lebih sering memanfaatkan bawahannya untuk mencapai target atau tujuan tanpa pandang bulu. Sedangkan seorang Leader akan memberdayakan dan mengajarkan ilmu yang dipunyai dan akan senang jika berhasil memberdayakan orang lain.
Memberdayakan orang lain
Memanfaatkan VS Meberdayakan
Kelima, seorang Boss akan menyalahkan orang lain atau bawahan jika melakukan kesalahan. Bahkan kadang kesalahan Boss akan ditimpakan ke bawahan. Sedangkan Leader akan meperbaiki dan membesarkan hati jika ada orang disekitarnya mengalami kegagalan. Dan seorang leader sejati tidak akan menyalahkan orang orang disekitarnya.
boss selalu menyalahkan
Menyalahkan VS Memperbaiki

Seorang Bos  hanya akan menjadi orang yang pandai memerintah saja tanpa memberikan contoh yang baik. Lain halnya karakter seorang Leader yang akan memberikan contoh sebelum memerintahkan.


leader versus boss
Boss VS Leader
Namamu VS Namaku. Boss tidak akan menghargai karya / prestasi bawahan. Namun akan selalu mengatasnamakan prestasi untuk dirinya sendiri. Leader akan selalu menghargai prestasi orang lain dan akan selalu mensupport tanpa mengatasnamakan diri sendiri.
perbedaan boss dan pemimpin
Prestasi

Karakter seorang Boss yang paling sering adalah karakter MEMERINTAH. Sedangkan karakter seorang Leader adalah MEMINTA TOLONG.

perintah boss
Memintah atau Memerintah

Nah itulah beberapa perbedaan karakter antara boss dan leader(pemimpin). Jadilah kita sesuai apa yang kita inginkan. KNOW YOUR SELF DON'T BE YOUR SELF. Pilihan antara menjadi BOSS atau LEADER adalah pilihan teman teman. Jika ingin jadi Leader maka punyailah karakter seorang leader. Orang orang disekitar, akan lebih nyaman jika teman teman mempunyai sifat seorang leader daripada karakter seorang Boss.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Karakter Boss VS Leader (Pemimpin)"

  1. Artikel pembodohan tidak ada perbedaan antara boss dan leader artikel ini harus direvisi boss yang baik atau boss yang buruk
    The Difference Between a Boss and aLeader. Share: A boss manages their employees, while a leader inspires them to innovate, think creatively, and strive for perfection. Every team has aboss, but what people need is a leaderwho will help them achieve greatness.

    BalasHapus