Mengapa Lamaran Kerja Ditolak

Ada beberapa sebab mengapa lamaran kerja kita sering ditolak. Banyak hal yang melatarbelakangi lamaran kita tertolak. Baik dari segi yang umum maupun dari segi yang lebih khusus. Kali ini kita akan membahas 7 penyebab mengapa lamaran kerja kita ditolak perusahaan. Mungkin dari poin satu sampai point sembilan yang akan kita bahas berikut ini bisa membantu teman teman untuk memperbaiki atau mengkoreksi bagian mana saja yang mungkin belum pas. Kesembilan sebab mengapa lamaran kerja ditolak yaitu:

1. Kesan Pertama

kesan pertama lamaran pekerjaan

Nah kesan pertama, cukup penting dan berpengaruh dengan nasib lamaran kerja kita. Contoh : saat bertemu seorang cowok atau cewek yang belum kenal, kebanyakan orang akan menilainya dari kesan pertama saat bertemu, baik segi fisik/ penampilan maupun tingkahnya, Bahkan sebgian ada yang berkata " lima detik pertama sangat menentukan" - kenapa? karena dalam lima detik kita akan diberi pilihan untuk diam saja atau aktif. Semua berawal dari sini. Begitu juga sebuah lamaran pekerjaan. Jika kesan pertama sudah bagus maka tahap selanjutnya akan lebih mulus.


2. Lay out yang kurang baik 

Pada bagian ini kita bisa memilih beberapa lay out lamaran pekerjaan sesuai keinginan. Lita bisa menggunakan lay out rata kanan kiri atau layout rata kiri. Lay out disini juga bisa disebut dengan desain lamaran pekerjaan yang akan kita buat. Sebagian ada yang menggunakan sejenis software yang otomatis mengubah desain surat lamaran pekerjaan kita menjadi lebih kreatif. Namun di sini antara menggunakan lay out yang sederhana atau lay out dengan desain tertentu adalah relatif.

3. Kekeliruan Ejaan

Salah satu hal kecil yang bedampak besar adalah keliru ejaan. Saat membuat cv lamaran pekerjaaan usahakan dikroscek terlebih dahulu, jangan sampai ada kekeliruan ejaan. Kenapa hal ini berdampak besar ? Karena dengan adanya kekeliruan ejaan maka kita sebagai pelamar akan terkesan tidak teliti dan cuek. Itulah salah satu alasan kenapa ejaan kita saat membuat lamaran pekerjaan harus diteliti sebelum dicetak maupun dikirim.

Ada beberapa hal juga yang mempengaruhi mengapa lamaran kerja ditolak, antara lain :
- Panjangnya lamaran pekerjaan
- Paragraf dan kalimat yang panjang
- Terlalu sedikit informasi
- Tidak ada hasil yang terarah

tips lamaran pekerjaan

Tips penulisan lamaran pekerjaan
1. Sebutkan hal hal yang benar benar kamu kuasai, namun jangan berlebihan. Contoh jika bahasa inggris kita dalam level "god" maka tulislah god , jangan berlebihan dengan menuliskan menjadi level "excellent" . Nantinya akan berpengaruh saat wawancara.
2. Pastikan bahwa lamaran pekerjaan kamu memuat imej yang benar tentang diri kamu. Jujur apa adanya.
3. Hati hati menggunakan singkatan , jangan sampai pembaca salah paham
4. Bila kamu kurang yakin dengan surat lamaran pekerjaan yang dibuat, maka bisa menghubungi seorang profesional yang dapat membbuat surat lamaran pekrjaan yang baik dan benar.

Mungkin itu beberapa alasan dan tips Mengapa lamaran kerja kita sering ditolak. Semoga bermanfaat bagi teman teman semua. Selamat berjuang, jika memang IPK kita kecil atau melamar pekerjaan di tolak terus itu merupakan salah satu tanda/ciri bahwa kamu salah satu calon pengusaha ( kata salah satu dosen) . Keep spirit ,,

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengapa Lamaran Kerja Ditolak"